kunjungi juga
Loading...
Wednesday, April 9, 2014

Wisata Gunung Tangkuban Parahu

8:15 AM
Obyek Wisata Gunung Tangkuban Parahu  ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, selain bentuknya yang mirip perahu terbalik juga terdapat beberapa kawah dan terdapat pula hutan yang masih perawan karena selalu dijaga keasliannya.

Gunung Tangkuban Perahu sangat lekat sekali dengan legenda Tatar Sunda Sangkuriang, akan tetapi disini kita tidak membahas akan legenda tersebut melainkan Panorama Alam yang tawarkan oleh Gunung Tangkuban Parahu.


Puncaknya yang berbentuk memanjang mirip dengan perahu yang terbalik dan jarang dimiliki gunung berapi pada umumnya, Di lereng gunung pun  terdapat hamparan kebun teh yang luas sehingga menambah daya tarik gunung ini. Dari puncak gunung, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam dan kesejukan udara sambil melihat suasana kota Bandung.






Ada beberapa kawah yang dapat Anda kunjungi di sekitar Tangkuban Perahu, yaitu

  • Kawah Ratu,
  • Kawah Upas,
  • Kawah Baru,
  • Kawah Lanang,
  • Kawah ecoma,
  • Kawah Jurig,
  • Kawah Siluman,
  • Kawah Domas,
  • Kawah Jarian, 
  • Pangguyangan Badak.

Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas merupakan kawah yang paling sering dikunjungi. Kawah Ratu berbentuk seperti mangkuk raksasa. Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat dinding dan dasar cekungan kawah ini dengan jelas. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar yang letaknya bersebelahan dengan Kawah Upas.







Kawah Upas bentuknya cukup dangkal dan datar pada bagian bawahnya sehingga ditumbuhi pepohonan liar di salah satu sisi dasar kawah. Kawah Domas bentuknya berupa cekungan yang mengeluarkan sumber air panas. Panas sumber air panas yang mengandung belerang tersebut, dapat Anda pergunakan untuk membasuh badan.






Untuk menuju kawah-kawah tersebut, Anda dapat berjalan kaki melewati jalan setapak dengan jarak tempuh antar kawah yang tidak begitu jauh. Anda juga dapat menyewa kuda tunggangan khusus untuk menuju Kawah Ratu. Baca juga disini






Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya tiga puluh km dari kota Bandung. Perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.


Jika Anda bertolak dengan kendaraan pribadi dari arah Subang maupun Lembang, untuk sampai ke lokasi melalui pintu masuk kedua, maka perjalanan mengarah ke utara dari bumi perkemahan dengan jarak tempuh sekitar tiga km.


Bagi Anda yang gemar wisata kuliner di sekitar area bibir Kawah Ratu dan Kawah Upas, banyak terdapat warung dan kios yang menjajakan aneka macam makanan, minuman, dan masakan khas lembang, yaitu ketan bakar.


Di area ini juga  banyak ditemui pedagang kaki lima yang menjual aneka macam permainan anak-anak, boneka, topi, tas, kerajinan dari batu, pernak-pernik (gelang,cincin, senjata tajam khas daerah, selendang), alat musik angklung, batu dan serbuk belerang (obat alternatif penyakit kulit), tanaman bonsai, dan buah stroberi dan sebagainya.






Fasilitas yang tersedia adalah persewaan kuda,kendaraan wisata yang dapat anda sewa, mushala, halaman, parkir, dan pusat informasi. Penginapan dengan berbagai tipe pun tak susah ditemukan di sepanjang perjalanan.


Wisata Gunung Tangkuban Parahu menyajikan indahnya Wisata  Alam yang dapat anda kunjungi dan ikuti terus gayadanmenarik.blogspot.com


Tags

Wisata Alam
Gunung Di Bandung
Gunung Berapi
Kawah Gunung
Hutan Tropis
Hutan Lindung

1 comments:

  1. Aji Tbobet | Ванкайста - Tekate Titanium Arts
    The original text of a jigsaw puzzle was cobalt vs titanium drill bits created in 1988 by a team of technicians from everquest: titanium edition the Asian Giant. T-bet Ванкайста. Онил. Ванкайста. guy tang titanium toner Онил. thinkpad x1 titanium Ванкайста. Онил. Ванкайста. titanium watches

    ReplyDelete

 
Toggle Footer