kunjungi juga
Loading...
Tuesday, April 15, 2014

Dinginnya Udara Gunung Dieng Wonosobo



Dinginya Udara Gunung Dieng Wonosobo akan menyambut anda Ketika Anda memasuki kawasan Wisata Gunung Dieng serta para penari yang menarikan tarian khas adat dan juga ramah tamahnya Penduduk sekitar .


Di Kawasan Gunung  Dieng akan akan terasa sekali dinginnya udara di gunung tersebut, Dieng merupakan dataran tinggi yang terletak diketinggian 2100 DPL, suhu kisaran 15°-10° Celcius, bahkan musim kemarau suhunya bisa mencapai 5° kalau malam sangat dingin.


Wisata wonosobo Dieng ialah salah satu dataran tinggi yang terdiri dari bukit bukit pegunungan, wisata wonosobo dieng kurang lebih 30 km dari pusat kota wonosobo, bisa ditempuh 30 menit perjalanan dari pusat kota wonosobo.


Nama dieng sendiri berasal dari kata Di yang berarti Gunung atau tempat dan hyang  yang berarti dewa.  Dengan kata lain dieng berarti gunung tempat dewa bersemayam. Dataran tinggi dieng merupakan sebuah dataran dimana dibawahnya terdapat aktivitas vulkanik. Di sekitar dieng terdapat banyak kawah yang mengeluarkan berbagai material vulkanik yang sangat berbahaya bagi siapapun yang mendekatinya.




Selain kawah, di dataran tinggi dieng juga terdapat danau vulkanik yang bercampur dengan belerang sehingga air di danau tersebut berwarna kuning kehijauan. Di sekitar kawah, pengunjung dapat menemukan sumber-sumber air panas. Di dataran tinggi dieng terdapat beberapa kawah aktif yang selalu dipantau kondisinya oleh para petugas, kawah tersebut diantaranya :


Kawah Cindradimuka,
Kawah Sibanteng,
Kawah Siglagah,
Kawah Sikidang,
Kawah Sileri,


selain kawah tersebut terdapat beberapa kawah yang mempunyai potensi besar untuk mengeluarkan gas beracun. Kawah tersebut adalah kawah sikendang kawah, sikila, dan kawah timbang.


Kawah sikidang merupakan kawah paling populer dikawasan dieng. Kawah ini terkenal karena terdapat lubang keluarnya gas yang selalu berpindah-pindah di kawasan tersebut. Maka dari itulah masyarakat menamai tempat tersebut dengan nama sikidang karena lubang keluarnya gas yang selalu berpindah-pindah  seperti kidang atau dalam bahasa indonesia adalah kijang.





Kawah Sileri adalah kawah teraktif di kawasan dieng yang telah beberapa kali meletus. Di dataran tinggi dieng terdapat beberapa objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Diantaranya adalah telaga warna.
Telaga warna merupakan telaga  yang cukup menakjubkan karena sering memunculkan berbagai warna seperti warna merah, putih, hijau, dan masih banyak lagi. Baca Juga Situ Patenggang




Selain telaga warna dan Dinginnya Udara Gunung Dieng Wonosobo, terdapat pula telaga penglion yang letaknya bersebelahan dengan telaga warna. Hal yang unik dari telaga ini adalah airnya yang jernih tampak seperti tidak berada di kawasan yang penuh belerang, selain itu, batas antara telaga warna dengan telaga  penglion hanyalah sebuah rerumputan yang terlihat seperti rawa. Selain dua telaga tersebut, masih banyak tempat wisata yang terdapat di kawasan dieng seperti goa dan candi-candi peninggalan umat hindu yang dapat Anda kunjungi.




fasilitas
penginapan, resor, pondokan, panggung hiburan, restoran gedung theter, gedung museum, candi, kawah, tempat bermain untuk anak anak ataupun dewasa, untuk menuju ke wisata wonosobo dieng anda perlu menaiki transportasi bus dari pusat kota kurang lebih 30 menit, atau sewa motor, maupun mobil pribadi itu membuat anda lebih leluasa mengeksplorasi pesona wisata wonosobo dieng.


Menikmati Dinginnya Udara Gunung Dieng Wonosobo merupakan momentum yang tidak akan pernah terlupakan dan kunjungi terus gayadanmenarik.blogspot.com

2 comments:

  1. wah saya pernah ke dieng mas, benar-benar dingin banget daerah nya, apalagi air nya kayak air es, saya nggak berani mandi disana wkwkwk :D tapi pemandangan alam nya luar biasa bagus-bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru sekali, momentnya luar biasa ampe sekarang gak pernah lupa, rasanya dah kangeeen banget... pengen ke dieng lagi deh, pantesan bule-bule pada tergila-gila ama Indonesia, ternyata keindahan Alam+budaya Indonesia gak ada yang nandingin,
      eh apa gak berani mandi... gatel dong..

      Delete

 
Toggle Footer