kunjungi juga
Loading...
Monday, September 29, 2014

Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat



Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat
Setelah melakukan perjalanan panjang yang cukup melelahkan akhirnya kami dan rombongan sampai juga di Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat, pantai ini merupakan pantai teluk yang memiliki karakter yang sangat Unik dan Menarik juga memiliki panorama alam yang sangat indah dengan begitu luasnya hamparan pasir yang berpadu antara pantai curam dan pantai landai.

Indahnya tebing dengan Karang - karang terjal dalam hempasan gelombang yang dahsyat juga di padu dengan hijaunya hutan - hutan cagar alam dengan menyajikan panorama alam merupakan karakter yang melekat pada pantai ini. Pantai yang terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi ini merupakan salah satu Objek Wisata Pantai kebanggaan Pemerintah Kabupaten setempat.

Panorama pantai yang indah dan kondisi ombak yang besar menjadikan pantai ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar. Banyak para Surfer mancanegara yang datang ke Pantai ini, di pantai ini juga sering diadakan event surfing tingkat nasional dan pro. Beberapa titik yang ramai dikunjungi pada bulan mei - Oktober dikunjungi adalah Batu Garam, Karang Sari, Cimaja, Karang Haji, Indicato, Sunset Beach, Ombak Tujuh dan Ujung Genteng. Baca juga Terbang Layang Dari Puncak Gunung Haruman.

Mungkin bagi sebagian orang sudah mendengar tentang Sejarah, Mitos serta Misteri Pantai Pelabuhan Ratu karena kawasan Wisata Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal dengan acara pesta laut, yaitu melarungkan kepala kerbau dan sesaji lainnya ke tengah laut. Tradisi ini diselenggarakan oleh para nelayan setempat setiap tanggal 5 April sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan. Acara ini kemudian diikuti dengan berbagai kegiatan, seperti bakti sosial, lomba, pementasan hiburan dan sebagainya Tradisi ini berlangsung selama dua hari satu malam.

Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu juga memiliki tempat pelelangan ikan yang menjual berbagai macam ikan laut, seperti cakalan, layur, cumi-cumi, bawal, udang, Etong, kakap dan lain-lain dalam kondisi masih sangat segar, hmmm... kayaknya makin menarik kalau kita Mancing Ikan di Pelabuhan Ratu  ini ya, dan jika Anda ingin melihat langsung proses pendaratan kapal para nelayan dari melaut, datanglah pada sekitar pukul 11.00-13.00 WIB.

Fasilitas yang terdapat di Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat ini, antara lain mushola, area parkir yang cukup luas, taman bermain anak, tempat bersantai, dan beberapa warung makan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Selain itu, ada juga kios-kios pakaian, kaos, toko-toko suvenir yang menjual kerajinan kerang, karang, dan lain-lain.  Ada juga PKL yang menjual suvenir di sepanjang pesisir pantai dan oleh-oleh khas Sukabumi.

Saya pun punya pengalaman menarik saat sampai di objek wisata ini, dan tempat pertama kali yang saya kunjungi yaitu kios pedagang souvenir yang memang sangat menarik perhatian bagi saya, dan setelah saya menanyakan harga salah satu souvenir yang sangat memikat perhatian saya, harganya pun sangat murah bahkan lebih murah dari harga yang biasa ditawarkan para pedagang serupa di kota saya. 
 
Dan jika Anda ingin menikmati keindahan malam di tepi pantai dan berniat akan menginap, di sekitar pantai ini juga terdapat berbagai macam penginapan seperti losmen dan Hotel di Pelabuhan Ratu, mulai dari Hotel Murah Kelas Melati sampai Hotel Kelas Berbintang pun lengkap tersedia.

Arah Jalan Menuju Pantai Pelabuhan Ratu bisa juga anda melihat di Peta Pelabuhan Ratu karena memang sangat mudah dicapai dari Jakarta sekitar dua setengah jam dengan mobil, jika anda dari Bogor atau pun dari Jakarta dan sekitarnya untuk berkunjung ke Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, anda dapat menempuhnya dengan bus dari Terminal Bogor jurusan Bogor - Sukabumi dengan tarif sekitar Rp 15.000,-. Perjalanan dilanjutkan dengan bus jurusan Sukabumi - Pelabuhan Ratu, Biaya tiket masuk yang sangat murah yaitu Rp 2.000,- per orang.

Itulah sedikit gambaran tentang keindahan panorama alam Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat pada kesempatan kali ini. datanglah dan nikmati panorama serta Legenda Pantai Palabuhan Ratu yang tidak pernah lekang di telan jaman semoga salah satunya bisa menjadi tujuan wisata pantai favorit anda dan keluarga.

23 comments:

  1. Saya dulu pernah ke pantai Karang Hawu ( ) Sukabumi memang asyik sih tapi ombaknya itu dahsyat banget hadeuhhh,jadi kepengen kesana lagi dah ,......

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm... jadi teringat masa lalu ya kang

      Delete
    2. Oh yang suka metik kelapa itu akang berdua ya :)

      Delete
    3. iya mas Budi duakali saya ke Sukabumi,,,,,,waktu ULTAH perusahaan tempat saya kerja dulu.,,,kalau soal kelapa nggak suka metik,beli saja di pinggir jalan kelapa ABG geetoo heuheu
      tapi mampir dulu ke Mak Erot heuheuheu

      Delete
  2. wah pantai ini keren banget ya, ada film nya juga, tapi film horor indonesia hehe :D

    ikutan lomba yuk di blog dicuekin.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pasti Pantai Yang Indah dan Mempesona mbak... terima kasih mbak, untuk ikut lomba sebetulnya saya sedang memikirkannya mbak, antara ikut dan enggak mungkin kalau istilah anak muda jaman sekarang sedang galau gitu deh... mengingat hadiahnya yang sangat menggiurkan hmmmm... saya akan pikirkan lagi deh

      Delete
  3. indah banget pantai nya jadi pengen ke pantai hikhikhikhik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah ke pantai ini pasti ketagihan deh

      Delete
  4. jadi penasaran Mas pingin ke pantai pelabuhan ratu, pasti sngat indah dan asri ya Mas, pemandangan pantai nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 minta di jemput sama mas Jos buat dianter kesana mas :)

      Delete
    2. minta diantar kerumahnya mak Erot ya mas Budi heuheu

      Delete
  5. Waduh saya malah udah lama banget ndak kesana lagi mas, trrskhir pas masih jaman sekul dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah lama pasti kangen sama tuh pantai

      Delete
    2. haha pasti manjangin dan memperbesar ( jalan ) yah dulu mas Budi

      Delete
  6. PAntai Selatan selalu indah dimanapun adanya :)

    ReplyDelete
  7. bagus pantainya, semoga masih terjaga keindahannya :)

    ReplyDelete
  8. Rindu suasana pantai udah lama banget ga main ke pantai pengen nyelam sampe ke dasar laut hahaha :D

    ReplyDelete
  9. Jujur kang saya belum pernah main ke pantai pelabuhan ratu tersebut :) saya jadi kepengen main ke sana dehh sooalnya kayaknya seru bnget 8-)

    ReplyDelete
  10. Ombaknya lumayan besar ya mas, waktu sekolah beberapa kali aku pernah kesana, kalo sekarang aksesnya malah tambah mudah..

    ReplyDelete
  11. temen saya ngajak magang di sini nih, bagus juga ya... hehe

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer