kunjungi juga
Loading...
Sunday, April 20, 2014

Danau Situ Wanayasa Yang Indah



Danau Situ Wanayasa Yang IndahDanau Situ Wanayasa Yang Indah, untuk  Anda yang akan melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Subang atau Bandung melalui jalur Purwakarta hendaknya singgah dulu di Situ Wanayasa Yang  menarik, karena disitu ini pemandangannya begitu mempesona udaranya yang sejuk dikelilingi pohon-pohon, bukit-bukit hijau, air danaunya bersih dan alami sangat sayang sekali untuk dilewatkan.



Situ Wanayasa terletak di Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, sekitar 23 km dari Kota Purwakarta atau 83 km dari Bandung. Situ Wanayasa, merupakan sebuah danau (situ) dengan luas sekitar 7 hektar dan memiliki ketinggian sekitar 600 meter dari permukaan laut dengan temperatur udara rata-rata berkisar antara 17 sampai dengan 20 derajat Celsius.



Yang menjadi keunikan tersendiri dari situ Wanayasa ini adalah adanya sebuah Pulau ditengah-tengah danau. Di Pulau tersebut ada sebuah makam tua, ini merupakan makam RA. Suriawinata, beliau adalah salah seorang pendiri Purwakarta yang juga pernah menjadi Bupati Karawang ke 9. Beliau wafat dan dimakamkan disana pada tahun1827.



Situ Wanayasa terletak dijalur alternatif yang menghubungkan wilayah Purwakarta-Wanayasa-Jalan Cagak Subang. Jalur alternatif ini memang memberikan kenyamanan bagi para pengguna jalan dengan panorama alam yang terdapat disepanjang jalan. Pohon-pohon besar, rimbun serta menjulang tinggi, hamparan perkebunan teh, perkebunan sawit serta pesawahan yang luas memanjakan mata yang melihat bagian pinggir jalan, ini membuat kenyamanan tersendiri bagi siapapun yang melewatinya. Baca juga Wisata Danau Waduk Jatiluhur



Danau Situ Wanayasa Yang Indah



Daya tarik Situ Wanayasa Purwakarta semakin bertambah kerena tepat dibagian seberang jalan Situ terdapat kuliner menarik, yaitu Warung sate Maranggi yang dapat menghadirkan kenikmatan lainnya dibagian sisi Situ dan menjadikan Danau Situ Wanayasa Yang Indah ini sebagai tempat persinggahan favorit bagi pengendara yang melintasi jalur alternatif Cikampek-Purwakarta-Bandung atau Subang.



Prasarana

Prasarana yang sudah tersedia, listrik, telepon dan kendaraan umum. Untuk meningkatkan akses dan kenyamanan bagi pengunjung, jalan menuju Situ Wanayasa telah dihotmix, penataan Gedung Kewedanaan menjadi sarana aktifitas kebudayaaan dan pembangunan sarana wisata berupa Guest House. Pada tahun 2007 Badan Pariwisata Kabupaten Purwakarta telah melakukan upaya penataan kawasan Situ Wanayasa, antara lain pembuatan gazebo, yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk tempat beristirahat sambil menikmati keindahan panorama Situ Wanayasa, selain itu pula telah dibuat juga jembatan semi permanen yang menghubungkan dari sisi ke pulau kecil yang terletak ditengah situ, sehingga kini pulau kecil yang berada ditengah situ dapat dicapai pengunjung dengan mudah, dimana dalam tahun yang sama telah dilakukan pula penataan taman ditengah Situ tersebut, antara lain penyediaan beberapa tempat duduk yang dapat dipakai pengunjung untuk bersantai. Baca juga Mengenal Situ Buleud Purwakarta



Danau Situ Wanayasa Yang Indah



Sarana Wisata

Untuk sarana wisata air yang ada pada saat ini ( 7 unit sepeda air) belum dapat dioperasikan, pada saat ini sedang disusun regulasi/juknis untuk pengoperasian dan pengamanan sarana wisata iar tersebut.



Danau Situ Wanayasa Yang Indah merupakan kawasan wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan, karena secara geografis pariwisata, terletak di antara Tangkuban Parahu, Ciater dan danau Jatiluhur dan untuk Anda dapat mengikuti terus gayadanmenarik.blogspot.com

2 comments:

  1. sangat indah ya mas danau situ wanayasa ini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. indah sekali mbak disitu udaranya udah dingin, tepat dipinggir jalan lagi

      Delete

 
Toggle Footer